Cara Membuat IDBilling Pajak dan Hal Penting Lain Untuk Diketahui

  

Id Billing

Proses pengurusan dan pembayaran pajak di Indonesia kini sudah semakin mudah dan cepat terutama dengan adanya aplikasi e-billing yang ditawarkan. Aplikasi e-billing berbasis online tersebut nantinya akan memproses pembayaran pajak tanpa harus pergi ke kantor pengurusan pajak. Hanya saja, untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus memiliki ID billing pajak.

Pernah mendengar tentang istilah ID billing pajak sebelumnya?

Bisa dikatakan jika ID billing pajak adalah salah satu hal yang paling vital dalam sistem pembayaran pajak elektronik. Tanpa adanya ID billing pajak, tentu saja wajib pajak tidak bisa menggunakan layanan e-billing yang sudah tersedia tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang seluk beluk mengenai ID billing pajak mulai dari pengertian dan cara membuatnya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Apa yang Dimaksud Dengan ID Billing Pajak?

Di dasarkan pada peraturan terkait pajak dari Direktorat Jenderal Pajak, secara singkat apa yang dimaksud dengan ID billing pajak adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing. Kode ini diterbitkan melalui sistem billing berdasarkan suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan oleh seorang wajib pajak.

Berdasarkan aturan resmi yang diterbitkan oleh pemerintah berkaitan dengan perpajakan tersebut, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan ID billing pajak. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Melalui layanan mandiri dengan cara melakukan akses aplikasi e-billing berbasis website yang sudah dikelola oleh DJP ataupun melalui beberapa mitra dari pemerintah yang menyediakan aplikasi pengurusan pajak

2) Menggunakan layanan sambungan telepon KRING PAJAK di nomor 1-500-200

3) Penerbitan secara jabatan atau official service yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan peraturan yang diberlakukan 

4) Melalui WhatsApp ataupun layanan pesan lain dengan menanyakan perihal ID billing pajak di kantor pengurusan pajak sesuai dengan domisili 

5) Melalui layanan mandiri ke beberapa pihak yang memiliki hubungan kemitraan dengan Direktorat Jenderal Pajak, seperti Kantor POS ataupun lembaga lainnya 

Dengan beberapa dasar di atas, tentu pengurusan ID billing pajak sebenarnya bisa dilakukan di beberapa tempat berbeda dan cukup mudah. Hanya saja, Anda nantinya perlu mempersiapkan beberapa syarat dan ketentuan untuk pengurusan ID billing pajak tersebut.

Cara Membuat ID Billing Pajak Melalui Website DJP

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ID billing pajak merupakan hal yang sangat penting untuk pengurusan pajak secara online sehingga seluruh wajib pajak perlu memilikinya. Nah, untuk mendapatkan ID billing pajak ini, maka wajib pajak harus melakukan pengurusan terlebih dahulu.

Memang, ada beberapa pihak dan mitra yang bisa dijadikan pilihan untuk membuat ID billing pajak tersebut. Namun, untuk kemudahan, Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh website DJP.

Untuk membuat ID billing pajak dengan menggunakan layanan dari website DJP, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Buka website DJP terlebih dahulu di https://djponline.pajak.go.id/

2) Setelah website terbuka, lakukan login dengan menggunakan nomor NPWP, kata sandi dan juga kode keamanan 

3) Klik opsi bayar dan kemudian klik opsi e-billing

4) Lengkapi informasi yang diminta sesuai dengan apa yang ditampilkan pada sistem

5) Setelah itu, klik buat kode billing sebagaimana yang diinginkan 

6) Masukkan kode keamanan

7) Lakukan preview pada data yang tadinya Anda masukkan. Pastikan jika informasi yang dituliskan tersebut sudah tepat dan benar

8) Jika sudah yakin data tersebut benar, maka klik cetak pada opsi website tersebut

Dengan cara di atas, Anda sudah berhasil membuat ID billing pajak. Nah, gunakan kode ID tersebut untuk pembayaran pajak dengan aplikasi e-billing.


0 Response to Cara Membuat IDBilling Pajak dan Hal Penting Lain Untuk Diketahui

Post a Comment